Yazhid Blog

.

Sunday, 8 April 2018

PEMBAHASAN TENTANG ISO/IEC 17025 TAHUN 2005

ISO/IEC 17025:2005 terdiri dari 5 Klausul. Klausul 1, 2 dan 3 dalam ISO/IEC 17025:2005 berisi ruang lingkup, acuan normatif... thumbnail 1 summary





ISO/IEC 17025:2005 terdiri dari 5 Klausul.

Klausul 1, 2 dan 3 dalam ISO/IEC 17025:2005 berisi ruang lingkup, acuan normatif dan istilah dan definisi. Di tiga klausul awal ini belum berisi persyaratan. Isi di dalam klausul 1 Ruang lingkup diantaranya sudah saya bahas di bagian atas bahwa standar ini bisa diterapkan oleh lab pihak pertama, kedua dan ketiga. Standar ini pula bisa diterapkan oleh lab yang menggunakan metode standar, non standar maupun metode yang dikembangkan sendiri. Selain itu, standar ini pula dapat diterapkan oleh berbagai ukuran lab tanpa memperhatikan jumlah personil laboratorium. Dalam klausul 2, dijelaskan bahwa aplikasi standar ini juga membutuhkan acuan ke ISO/IEC 17000 dan VIM. klausul 3 pun dijelaskan bahwa semua istilah dan definisi yang digunakan dalam standar ini mengacu pada ISO/IEC 17000 dan VIM.

Persyaratan yang harus diikuti oleh lab tercantum dalam klausul 4 dan 5. Klausul 4 berisi Persyaratan Manajemen, terdir dari 15 subklausul. Di dalam klausul ini berisi persyaratan bagi laboratorium untuk memastikan pengelolaan kegiatan pengujian atau kalibrasi. Klausul 4 inilah yang paling banyak dipengaruhi oleh ISO 9001. Ketika standar ini terbit pada 2005, standar ISO 9001 yang dirujuk adalah edisi 2000. Klausul 5 berisi Persyaratan Teknis, terdiri dari 10 subklausul. Slide diatas berisi semua subklausul yang ada di dalam klausul 4 dan 5.

 Mari kita masuk ke klausul 4.1 Image dari slide yang disajikan hanyalah berisi rangkuman dari persyaratan ISO/IEC 17025:2005. Jika ingin lihat persyaratan lengkapnya, mohon untuk lihat standar.

Syarat pertama yg diatur dalam 4.1 adalah mengenai legalitas. Lab harus merupakan organisasi yang legal, karena Lab akan bertanggung jawab penuh atas hasil pengujian atau kalibrasinya. Legalitas ini bisa dicapai dengan memperoleh akta notaris badan usaha untuk lab independen Bisa juga memastikan tersedianya akta notaris untuk organisasi induk jika lab merupakan bagian dari organisasi induk serta memperoleh surat pembentukan organisasi laboratorium dari pimpinan tertinggi organisasi. Sistem manajemen sesuai ISO/IEC 17025 harus mencakup keseluruhan kegiatan laboratorium di tempat permanen, diluar tempat permanen maupun di fasilitas yang bergerak. Cakupan sistem ini tentunya harus seluas parameter yang diakreditasi. Jika lab jadi bagian dari organisasi yang melakukan kegiatan selain pengujian/kalibrasi, harus memastikan personil lab bebas dari konflik kepentingan. Lab harus memiliki personil manajerial dan personil teknis yang memiliki kewenangan dan sumber daya yang cukup untuk melakukan kegiatan laboratorium. Kewenangan ini juga terkait dengan subklausul 5.2.

Lab harus memiliki struktur organisasi, harus memiliki manajemen teknis dan juga harus memiliki manajer mutu. Manajemen teknis bertanggung jawab atas kegiatan teknis laboratorium terkait pengujian/kalibrasi. Sedangkan manajer mutu memiliki tanggung jawab untuk memastikan penerapan sistem manajemen di laboratorium. Manajer mutu harus punya akses langsung ke manajer puncak. Manajer teknis bisa terdiri dari beberapa orang. Manajer mutu haruslah hanya satu orang. Lab juga harus menunjuk deputi untuk personil inti manajemen. Deputi merupakan personil pengganti saat personil yang sebenarnya berhalangan melaksanakan tugasnya. Lab juga harus melakukan penyeliaan pada personil yang melaksanakan pengujian/kalibrasi. Tetapi belum tentu lab memiliki penyelia.

Lab harus punya cara untuk menjamin semua personilnya bebas dari tekanan internal dan eksternal yang bisa berpengaruh buruk atas kinerja mereka. Lab harus bisa menghindari keterlibatan dalam kegiatan yang bisa mengurangi kepercayaan akan kompetensi dan ketidakberpihakannya. Lab harus mampu memastikan bahwa dapat melindungi kerahasiaan informasi milik pelanggannya. Lab juga harus memastikan dan menerapkan proses komunikasi yang efektif di dalam laboratorium.
Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts