Yazhid Blog

.

Sunday, 8 April 2018

MENGAPA LABORATORIUM PERLU MENERAPKAN STANDAR ISO 17025

Mengapa laboratorium perlu menerapkan standar ISO/IEC 17025? Menerapkan standar internasional terkait sistem manajemen dan kompete... thumbnail 1 summary




Mengapa laboratorium perlu menerapkan standar ISO/IEC 17025? Menerapkan standar internasional terkait sistem manajemen dan kompetensi lab termasuk ISO/IEC 17025 tentu merupakan sebuah keputusan stratejik manajemen laboratorium. Penerapan ISO/IEC 17025 membutuhkan usaha dan biaya yang tidak sedikit. Selain itu dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh personil laboratorium untuk memahami dan menerapkan standar ini, disamping juga selalu menjaga kompetensi mereka.

ISO/IEC 17025 adalah standar yang bersifat voluntary, artinya boleh diterapkan secara sukarela. Segala usaha yang dibutuhkan, biaya yang tinggi, juga komitmen yang kuat dari personil untuk menerapkan sebuah standar yang sifatnya voluntary pasti perlu didasari alasan yang kuat. Salah satu alasan yang paling kuat adalah karena laboratorium sadar dan merasa perlu untuk memberikan jaminan atas hasil pengujian/kalibrasi yang mereka keluarkan. Hasil pengujian atas produk akan menentukan kesesuaian produk tersebut terhadap persyaratan. Bisa juga berdampak terhadap produsen produk tersebut.

Hasil pengujian obat akan menentukan apakah obat bisa memenuhi persyaratan standar, dan akan berdampak kepada konsumen (pasien). Jika obatnya tidak bermutu, maka akan membahayakan pasien, dan bisa juga berdampak pada rusaknya citra perusahaan. Dalam aplikasi lain, pengujian limbah misalnya, hasil pengujian atas suatu sampel limbah dari satu perusahaan bisa juga berdampak pada perusahaan penghasil limbah tersebut, jika limbahnya diatas baku mutu, maka perusahaan akan berpotensi terkena sanksi.

Atas pentingnya penggunaan data hasil pengujian, maka kompetensi laboratorium yang melakukan pengujian harus dipastikan. Laboratorium harus dapat menjamin bahwa hasil uji yang dikeluarkan valid dan terpercaya. Laboratorium sebaiknya sadar mengenai perlunya penjaminan kualitas data hasil pengujian, sebaliknya konsumen juga perlu selektif memilih laboratorium yang kompeten.

Untuk bisa memberikan hasil uji yang valid, laboratorium perlu menerapkan standar kompetensi laboratorium, dalam hal ini ISO/IEC 17025. Selain alasan tersebut, hal lain yang mendasari perlunya lab menerapkan ISO/IEC 17025 adalah agar hasil pengujian dari laboratorium dapat diterima oleh pihak lain. Jadinya ada persepsi yang sama atas hasil pengujian, adanya keberterimaan hasil secara global. Hasil 5000 kkal/kg utk nilai kalori suatu sampel batubara yang diuji di Surabaya seharusnya juga sama dengan hasil yang dikeluarkan oleh laboratorium lain di Medan untuk sampel yang sama. Hasil yang sama ini bisa dicapai jika kondisi sampelnya sama dan juga kompetensi laboratoriumnya setara.

Dengan adanya skema akreditasi laboratorium oleh KAN dan juga konsep MRA di ILAC/APLAC, maka kompetensi lab akan diakui setara dimanapun. Pengakuan ini pun akan membawa kepada keyakinan pada hasil pengujian lab2 tersebut. Sehingga, sudah tidak diperlukan lagi pengujian berulang2 oleh lab2 yang berbeda untuk sampel yang sama. Semua pihak diharapkan memiliki persepsi yang sama terhadap hasil uji suatu sampel produk, sehingga menjamin adanya keberterimaan hasil dimanapun, dan pada akhirnya akan membantu untuk mengurangi hambatan teknis perdagangan dalam hubungan ekspor-impor. 
Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts