Yazhid Blog

.

Wednesday, 17 May 2017

MANFAAT TRANSFUSI WHOLE BLOOD (WB) ATAU DARAH LENGKAP




MACAM DAN MANFAAT KOMPONEN

        WHOLE BLOOD (WB) DARAH LENGKAP
Darah lengkap yang berisi 250 – 350 mL/kantong, disimpan pada suhu 2-6 derajat C. darah lengkap yang berisi sel darah putih, trombosit dan plasma. Plasma mengandung bermacam – macam protein, zat kimia, factor – factor pembekuan dan kaya dengan zat metabolic. Diberikan pada penderita yang mengalami perdarahan akut, syok hipovolamik, bedah mayor dengan perdarahan > 1500 mL.
Darah lengkap ada 3 macam :
a.       Darah segar
Darah segar adalah darah yang beru diambil dari donor sampai < 48 jam sesudah pengambilan. Keuntungan pemakaian darah segar adalah factor pembekuannya masih lengkap termasuk factor labil (V dan VIII) dan fungsi eritrosit masih relative baik. Kerugiannya sulit diperoleh dalam waktu yang cepat karena pemeriksaan golongan darah, cross match, dan transportasi diperlukan waktu lebih dari 4 jam dan resiko penularan lebih banyak.
b.      Darah baru
Darah baru adalah darah yang disimpan < 6 hari sesudah di ambil dari donor factor pembekuan disini sudah hamper habis dan juga terjadi peningkatan kadar kalium, ammonia dan asam laktat.
c.       Darah disimpan
Darah yang disimpan antara 6 – 35 hari. Keuntungan mudah tersedia setiap saat, sedangkan kerugiaannya adalah factor pembekuan terutama factor V dan VIII sudah habis, kemampuan transportasi oksigen oleh eritrosit menurun yang disebabkan karena afinitas Hb terhadap oksigen yang tinggi, sehingga oksigen sukar dilepas dari jaringan. Hal ini di sebabkan oleh penurunan kadar kalium dan asam laktat.

Rumus Kebutuhan WB :
     6 x Σ Hb ( Hb normal – Hb pasien ) x BB
Keterangan :
Hb Normal : Hb yang diharapkan
Hb Pasien : Hb pasien saat ini

Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts