Yazhid Blog

.

Friday, 17 February 2017

BAKTERI PENYEBAB KERACUNAN DARI MAKANAN

Jenis-jenis Bakteri yang Menyebabkan Kerusakan Pada Bahan Makanan thumbnail 1 summary
Jenis-jenis Bakteri yang Menyebabkan Kerusakan Pada Bahan Makanan


Beberapa makanan, memang hampir selalu dicemari berbagai mikroorganisme. Pencemaran makanan oleh mikroorganisme yaitu bakteri dapat melalui bermacan-macam cara. Beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada makanan di antaranya :
1.      Salmonella yaitu penyebab infeksi, bakteri ditularkan melalui makanan menyerang saluran gastrointestin yang mencakup perut, usus halus dan usus besar yang menyebabkan terjadinya sakit perut yang mendadak seperti disentri.
2.      Staphylococcus Aureus yaitu merupakan salah satu bakteri penyebab keracunan makanan yang umum terjadi karena termakannya toksin yang dihasilkan oleh bakteri tersebut, yang tumbuh pada makanan tercemar dan bakteri ini adalah organism yang biasanya terdapat diberbagai bagian tubuh manusia seperti hidung, tenggorokan, kulit dan karenanya mudah memasuki makanan.
3.      Clostridium botilinum yaitu merupakan organisme yang menghasilkan neurotoksin yang tidak tahan panas, penyakit ini terjadi karena makan toksin botilinum yang terdapat dalam makanan. Gejala biasanya mulai timbul sekitar 12 sampai 48 jam setelah makan makanan tercemar. Gejala tersebut meliputi kesulitan berbicara, biji mata melebar, penglihatan ganda, mulut terasa kering, mual, muntah dan tidak dapat menelan.

4.      Clostridium perfringens yaitu merupakan bakteri yang umumnya terdapat di alam dan menyebabkan keracunan makanan. Penyakit ini disebabkan karena makan makanan yang tercemar organism tersebut dan dibiarkan pada temperature yang menunjang perkecambahan spora dan pertumbuhan vegetatif. Gejala besarnya timbul 8-24 jam setelah makan makanan yang tercemar, gejala utamanya yaitu sakit perut dan diare.
Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts