Yazhid Blog

.

Monday, 20 February 2017

BAGAIMANA PERAN BAKTERI LACTOBACILLUS DAN STREPTOCOCCUS PADA YOGURT

Fungsi bakteri Lactobacillus bulgaricus Dan Streptococus thermophilus pada yogurt                              thumbnail 1 summary
Fungsi bakteri Lactobacillus bulgaricus Dan Streptococus thermophilus pada yogurt
              

             
  Bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus dapat digunakan secara terpisah namun penggunaan dalam kultur secara bersamaan  telah terbukti bersimbiosis dan meningkatkan efisiensi kedua bakteri tersebut. Selain menyebabkan tingkat produksi asam yang lebih tinggi, Streptococcus thermophilus tumbuh lebih cepat yang menghasilkan asam dan karbon dioksida. Karbon dioksida yang dihasilkan ini menstimulasi pertumbuhan Lactobacillus bulgaricus. Pembuatan yogurt menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus, kedua bakteri ini mengurai laktosa (gula susu) menjadi asam laktat dan berbagai aroma dan citarasa. Lactobacillus bulgaricus berperan pada pembentukan aroma sedangkan Streptococcus thermophilus berperan pembentukan citarasa.
               Yogurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu dibawah temperatur dan kondisi yang terkontrol. Bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman yang meningkat menyebabkan protein untuk membuat susu menjadi menggumpal dan kental pada yogurt (Surajudin, 2005).


Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts