Yazhid Blog

.

Saturday, 3 December 2016

TINJAUAN UMUM PEMERIKSAAN ANTI MIKROBA

Tinjauan Umum tentang Pemeriksaan A nti M ikroba Metode pemeriksa a n anti mikroba yaitu : 1.     Metode Penyebaran (Diffusion) Da... thumbnail 1 summary
Tinjauan Umum tentang Pemeriksaan Anti Mikroba
Metode pemeriksaan anti mikroba yaitu :
1.    Metode Penyebaran (Diffusion)

Dalam metode ini kemampuan zat aktif mikroba ditentukan berdasarkan daerah hambatan yang terjadi. Beberapa modifikasi dari metode ini adalah :
a)         Metode Cylinder Cup (Ring Diffusion Metode)
Mikroba ditanam pada media agar kemudian cylinder di letekan pada media tersebut dengan maksud menampung sejumlah antibiotik atau anti bakteri yang digunakan. Daya anti mikroba dapat dilihat dari lembar diameter daerah hambatan pertumbuhn bakteri yang terjadi.
b)        Metode Cawan Kertas (Paper Disc Method)
Bakteri ditanam pada media agar, kemudian cawan kertas yang berisi antibiotic dengan kadar tertentu diletakkan di atas media tersebut. Daya anti bakteri dapat dilihat dari lembar diameter daerah hambatan pertumbuhan bakteri yang terjadi.
c)         Metode Sumuran Agar (Wells Method)
Bakteri ditanam pada media agar, kemudian dibuat lubang dengan alat tertentu untuk menampung sejumlah mikroba/anti bakteri yang digunakan. Daya anti bakteri dapat dilhat dari lembar diameter daerah hambatan pertumbuhan bakteri yang terjadi.


2.    Metode pengenceran (Dilution Method)
Prinsip metode ini adalah sampel (larutan) dimasukkan dalam tabung yang berisi pembenihan cair, kemudian dalam tabung tersebut ditambahkan suspensi bakteri dengan jumlah tertentu. Pada keadaan  mikroorganisme akan tumbuh.
Beberapa modifikasi dari metode ini adalah :
a.       Metode Pengenceran  Dalam Cairan (Broth Dilution Method)
Sejumlah tabung yang berisi media cair dan kuman dimasukan bahan/bakteri dengan jumlah tertentu, selanjutnya kekeruhan yang terjadi diamati dengan Nepholometer.
b.      Metode Pengenceran Dalam Agar (Agar Dilution Method)
Prinsip sama dengan Broth Dilution Method, hanya media cair diganti dengan media agar.
c.       Metode Pengenceran secara seri (serial dilution method)

Cara ini dilakukan dengan menggunakan sejumlah deretan tabung berisi media cair dengan konsentrasi yang berbeda-beda, kemudin ke dalam masing-masing tabung ditambahkan suspensi mikroba dengan konsentrasi tertentu. Kocok sampai homogen dan inkubasi pada suhu 37ºC. sebagai control digunakan tabung berisi media pembenihan dengan mikroorganisme. Potensi daya anti mikkroba yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar.


Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts