Yazhid Blog

.

Saturday, 3 December 2016

KOMPOSISI MEDIA PERTUMBUHAN JAMUR

          Tinjauan Tentang Media Pertumbuhan Jamur SDA ( Sabouraud Dextrose Agar ) Sabouraud Dextrose Agar adalah medium sinte... thumbnail 1 summary
         Tinjauan Tentang Media Pertumbuhan Jamur SDA (Sabouraud Dextrose Agar)



Sabouraud Dextrose Agar adalah medium sintetis yang komposisi zat kimianya diketahui jenis dan takarannya secara pasti.  Dimana komposisi media SDA (Sabouraud Dextrose Agar) adalah :
1.      10 gram pepton yang berfungsi sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan mikrooganisme, pepton merupakan hasil hidrolisis dari protein yang dapat larut dalam air, tidak terkoagulasi atau tahan terhadap panas.
2.      40 gram dekstrosa yang berfungsi sebagai bahan karbohidrat.
3.      15 gram agar-agar yang berfungsi sebagai bahan pemadat media, agar untuk media SDA (Sabouraud Dextrose Agar) digunakan agar yang sudah diproses sehingga mempunyai kadar toksisitas yang rendah, jernih, kandungan mineralnya rendah dan kemampuan difusinya tinggi.

Media ini merupakan salah satu media pertumbuhan Aspergillus sp. Pada medium Sabouraud Dextrose Agar jamur Aspergillus sp. membentuk koloni filamen dengan pembentukkan spora yang khas. Koloni mula-mula berwarna putih setelah 2-3  hari  berubah warna menjadi kuning atau biru atau hijau kekuning-kuningan makin lama warnanya semakin gelap menjadi kebiru-biruan atau kehitaman .

Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts