Yazhid Blog

.

Friday, 11 November 2016

PERHITUNGAN ADDIS PADA URINE

EVALUASI KUANTITATIF SEDIMEN URIN – PERHITUNGAN ADDIS             Perhitungan Addis adalah sebuah pengukuran kuantitaif  dari ekskr... thumbnail 1 summary
EVALUASI KUANTITATIF SEDIMEN URIN – PERHITUNGAN ADDIS


            Perhitungan Addis adalah sebuah pengukuran kuantitaif  dari ekskresi sel darah merah, leukosit dan cast pada urin selama periode 12 jam. Ekskresi protein selama periode waktu yang sama dan specific gravity dari sample juga dapat ditentukan.

Nilai normal rata-rata
Nilai-nilai normal untuk semua parameter ini telah ditentukan. Ekskresi sel darah merah normalnya tidak melebihi 500,000 per 12 jam, pengeluaran leukosit tidak lebih dari 1,000,000 per 12 jam dan ekskresi hyaline cast sama dengan atau kurang dari 5000 per 12 jam. Ekskresi normal protein tidak boleh melebihi 0,100 gm per 24 jam, dan specific gravity normal, indikatif dari kemampuan konsentrasi yang cukup adalah 1,025 atau lebih tinggi.

Nilai-nilai pada keadaan penyakit
Peningkatan ekskresi dari sel darah merah, leukosit dan cast biasanya terjadi pada urin dari pasien dengan glomerulophritis. Tingkat ekskresi dari elemen-elemen ini menunjukkan tingkat aktivitas dari penyakit dan kemudian menunjukkan betapa hebatnya kerusakan ginjal. Karena jumlah sel darah merah, darah putih dan cast yang diukur untuk periode waktu tertentu, perbandingan dapat dibuat dari tingkat ekskresi elemen-elemen ini selama rangkaian dari sebuah penyakit tertentu dan dalam kaitannya terhadap aturan-aturan ekskresi yang ditentukan dari elemen-elemen ini untuk penyakit yang sama.

Prosedur
Spesimen urin sepanjang malam didapatkan dengan cara berikut: pasien tidak dibolehkan untuk meng ingest zat cair setelah makan siang pada hari sebelum tes. Pengeluaran (urin) pasien sebelum waktu tidur, catat waktu buang air, dan buang urin. Pasien mengeluarkan semua urin kedalam sebuah botol pengumpulan yang mengandung bahan pengawet formalin dan catat waktu buang air (urin)
            Pada laboratorium, spesiemen waktu ini, di campur seluruhnya dan kemudian diukur secara akurat pada sebuah silinder. Setetes alkohol caprylic ditambahkan ke silinder untuk mencegah pembuihan (mencegah busa). Volume urin sama dengan jumlah yang dikeluarkan dalam 12 menit (1/5 jam) ditentukan dengan penghitungan berdasarkan pengetahuan  dari total volume dan total waktu pengumpulan atau melalui penggunaan nomogram khusus untuk penentuan ini. Jumlah ini, jika sama dengan 15 ml atau kurang, tersentrifus selama 5 menit pada 1750 sampai 2000 rpm. Jika 12 menit volume lebih besar dari 15 ml, setengah jumlah (volume selama 6 menit) diambil dan sebuah faktor koreksi digunakan kemudian pada perhitungan. Setelah sentrifus, cairan supernatant diambil sampai tepat tersisa 0,5 ml. Cairan supernatant mungkin digunakan untuk penentuan protein kuantitatif. Sedimen pada tabung sentrifus disingkirkan dengan menyisakan 0,5 ml pada tabung dan sejumlah tetes dari suspensi ini digunakan untuk mengisi bilik penghitungan hemocytometer standar.
            Cast dihitung dibawah magnifikasi berkekuatan rendah sebagai jumlah cast pada enam segi empat besar yang berdekatan (masing-masing 1 x 1 mm). Sel-sel darah merah dihitung dibawah magnifikasi berdaya tinggi (kering) sebagai jumlah sel-sel pada 13 segi empat berdekatan yang berukuran sedang. Leukosit dan sel epitel yang tergabung dihitung dengan cara yang sama. Prosedur penghitungan harus di ulang 10 kali, menggunakan rata-rata jumlah sel dan cast per perhitungan untuk kalkulasi sisa.
            Rata-rata jumlah casts per 6 segi empat dikalikan dengan 100,000 sama dengan jumlah cast yang dikeluarkan dalam waktu 24 jam atau dengan 50,000 sama dengan jumlah yang dikeluarkan dalam waktu 12 jam. Ketika volume asli tersentrifus sama dengan 6 menit (1/10 jam) dari formasi urin, masing-masing hasil tersebut seperti dihitung diatas harus di dua kali lipatkan.

DESKRIPSI KUALITATIF SEDIMEN URIN VERSUS PERHITUNGAN ADDIS
            Deskripsi kualitatif dari sedimen urin, meskipun menjadi sasaran kesalahan dari sebuah konsentrasi variabel urin, adalah cara yang paling berguna untuk diagnosis umum dari penyakit renal. Perhitungan Addis, atau perhitungan khusus dari sel-sel darah merah yang dikeluarkan, leukosit, sel epitel dan cast dalam urin, adalah paling berguna dalam mengevaluasi bagian dari penyakit yang diberikan. Perhitungan Addis tidak dapat menggantikan pengujian kualitatif dari sedimen urin karena pengujian kualitatif merupakan sebuah fungsi yang berbeda.


Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts