Yazhid Blog

.

Monday, 7 November 2016

PEMBAHASAN OSMOLALITAS URINE

OSMOLALITAS             Osmolalitas urin adalah pengukuran konsentrasi urin yang lebih pasti daripada Specific gravity. Osmolalitas ter... thumbnail 1 summary
OSMOLALITAS

            Osmolalitas urin adalah pengukuran konsentrasi urin yang lebih pasti daripada Specific gravity. Osmolalitas tergantung pada jumlah partikel larut pada sebuah unit larutan, sedangkan Specific gravity tergantung pada baik kuantitas partikel dalam larutan maupun keadaan partikel dalam larutan. Partikel yang besar dan padat seperti gula, protein dan dyes intraneous meningkatkan Specific gravity urin dengan tidak seimbang lebih daripada osmolalitas. Karena penentuan Specific gravity adalah mudah dan sederhana untuk dilaksanakan, pengukuran ini umumnya dilakukan pada analisis laboratorium rutin dan bermanfaat untuk mayoritas spesimen. Kapanpun pengukuran yag lebih tepat dianjurkan, osmolalitas urin dapat ditentukan.
            Pengukuran osmolalitas dari sebuah larutan adalah ukuran dari sejumlah osmols pada satu kilogram larutan. Jadi, itu adalah ukuran dari sejumlah partikel dalam berat yang diberikan. Ini sering membingungkan dengan larutan osmolar; osmolaritas adalah sebuah ukuran dari sejumlah partikel pada volume larutan yang diberikan, osmols per liter larutan. Osmolalitas dan osmolaritas larutan dilute, seperti urin, secara praktik identik dan perbedaan-perbedaan umumnya diabaikan pada pengujian laboratorium rutin.
NILAI NORMAL RATA-RATA
            Ginjal normal mampu mendilusi dan mengonsentrasikan urin dari kisaran minimal 40 sampai 80 m0sm/kg air selama dierusis air ke konsentrasi dari 800 sampai maksimal 1400 m0sm/kg air dengan kehilangan zat cair. Kisaran konsentrasi urin normal untuk seorang pasien dengan masukan zat cair dan makanan normal adalah dari 500 sampai 850 m0sm/kg air.

PLASMA: OSMOLALITAS URIN, KEJERNIHAN OSMOLAL DAN FREE WATER CLEARANCE
            Evaluasi kemampuan konsentrasi dan dilusi dari ginjal dapat meningkat diatas pengukuran klinis rutin pada penentuan rasio plasma terhadap osmolalitas urin, kejernihan osmolal dan free water. Rasio plasma/osmolalitas urin mengukur kemampuan konsentrasi ginjal dan normalnya berkisar dari 3,0 sampai 4,7. Kejernihan osmolal mencerminkan kemampuan ginjal untuk mengeluarkan air. Itu sama dengan rasio osmolalitas urin terhadap produk osmolalitas plasma dikalikan dengan rata-rata arus urin dalam ml/min. free water clearance adalah persamaan yang lebih baik dari fungsi ginjal ini. Free water clearance sama dengan arus urin dalam ml/min kurang kejernihan osmolal.
osmolalitas urin x arus urin
FWC = arus urin –
                                                      Osmolalitas plasma

            Ketika air “free” dikeluarkan, osmolalitas urin kurang dari osmolalitas plasma; ketika air disimpan, osmolalitas urin lebih besar daripada osmolalitas plasma. Free water clearance adalah negative selama tes kemampuan konsentrasi dan menurun ketika plasma kurang melewati membrane glomelurar, ketika ada kelebihan pengeluaran hormone antidiuretic dan pada pasien dengan kegagalan hati dan kerusakan hati. Free water clearance meningkat pada tes kemampuan diluting dan ditinggikan /dinaikkan pada pasien dengan diabetes insipidus, ketidakcukupan adrenal dan luka kepala tertentu.


BACA JUGA : PEMBAHASAN SPECIFIC GRAVITI URINE

METODE PENENTUAN
            Tekanan osmotic diukur secara tidak langsung dengan penentuan tekanan apakah titik beku atau tekanan uap air. Perbedaan antara titik beku dan tekanan uap air dan larutan encer (dalam hal ini urin) secara langsung sesuai dengan molalitas larutan. Satu molal larutan, 1000 m0sm/kg, menekan titik beku 1,86­0c dibawah titik beku 00c air.
            Osmolalitas dapat ditentukan 3 ml urin dengan pengukuran penurunan titik beku dengan osmometer titik beku (gambar 6). Instrument-instrumen ini disesuaikan baik suhu maupun bacaan osmolalitas.

            Sampai baru-baru ini, penurunan titik beku adalah satu-satunya metode praktik penentuan osmolalitas. Tekanan uap air osmometer sekarang juga tersedia. Tekanan uap air osmometer relative sederhana dan mudah dilakukan dan hanya membutuhkan sedikit tetes urin untuk penentuan. Manfaat dari metode ini adalah bahwa osmolalitas sekarang dapat diukur pada setiap suhu yang dipilih
Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts