Yazhid Blog

.

Monday, 7 November 2016

PEMBAHASAN MAKROSKOPIK URINE

PENAMPAKAN/RUPA URIN             Observasi pertama yang biasanya dibuat pada sebuah spesimen urin adalah penampakan atau rupanya.... thumbnail 1 summary
PENAMPAKAN/RUPA URIN



            Observasi pertama yang biasanya dibuat pada sebuah spesimen urin adalah penampakan atau rupanya. Pada mulanya,observasi urin dilakukan secara tidak sadar. Meskipun demikian, perhatian yang teliti terhadap seluk beluk dan korelasi dengan pengalaman yang lalu dapat menyediakan celah yang berguna pada keberadaan banyak substansi pada spesimen urin. Misalnya, warna gelap mungkin menunjukkan urin yang terkonsentrasi, warna pucat urin tidak pekat; warna coklat kemerah-merahan, darah. Contoh yang keruh mungkin menunjukkan urin alkalin. Peneliti yang terlatih mampu mendapatkan celah penting tentang urin dengan melihat penampakannya.
WARNA
            Warna urin dipengaruhi oleh banyak komponen missal: konsentrasi, pigmen makanan, darah, dyes. Intensitas warna urin normal tergantung pada konsentrasi urin itu. Warna kuning atau kuning sawo dari urin normal berkaitan dengan adanya pigmen kuning, urochrome.
            Warna urin berubah pada banyak keadaan penyakit karena keberadaan pigmen yang tidak normal muncul. Pigmen empedu mungkin menghasilkan warna kuning ke kuning kecoklatan atau kehijauan, pigmen porphyrins menghasilkan warna coklat kemerahan yang tua, hemoglobin menghasilkan warna coklat kemerah-merahan. Melanin menyebabkan urin berubah ke warna coklat kehitaman. Alkaptonuria diidentifikasi dengan urin yang berubah menjadi warna coklat tua atau hitam. Urin mungkin mengasumsikan banyak warna yang berbeda mengikuti ingesti berbagai dyes, makanan dan obat.

BAU
            Urin normal yang baru dikeluarkan memiliki ciri bau aromatik yang dipercaya berkaitan dengan adanya asam volatile. Urin yang telah berlangsung lama mengembangkan bau amoniak yang berkaitan dengan pembusukan urea pada spesimen.
            Urin pasien dengan diabetes mellitus mungkin memiliki bau seperti buah-buahan karena adanya aseton. Urin pasien dengan infeksi saluran kemih mungkin berbau buruk, khususnya ketika terinfeksi organisme coliform bacilius. Makanan-makanan tertentu seperti asparagus mungkin memberi karakteristik bau. Meskipun urin memiliki banyak ciri bau, bau urin tidak dianggap menjadi signifikan untuk diagnostic khusus.
KEKERUHAN
            Urin normal yang baru dikeluarkan biasanya jernih atau tembus cahaya, tetapi juga memiliki penampakkan keruh karena adanya fosfat dan karbonat jika spesimen tersebut adalah alkalin. Kekeruhan ini akan menghilang ketika urin diasamkan. Kekeruhan yang merah muda menunjukkan adanya urates. Kekeruhan abnormal dari urin mungkin terjadi dengan infeksi saluran kemih, tetapi ini biasanya berkaitan dengan alkalinitas daripada jumlah bakteri yang sebenarnya atau adanya leukosit.


Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts