Yazhid Blog

.

Saturday, 5 November 2016

Hipertensi Akibatkan Penyakit Ginjal

Hipertensi Akibatkan Penyakit Ginjal Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak menyadari kal... thumbnail 1 summary
Hipertensi Akibatkan Penyakit Ginjal



Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak menyadari kalau sebagian besar penyakit ginjal berkaitan dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terdiagnosa atau diobati dengan baik.
Jumlah penderita penyakit ginjal kini diketahui telah meningkat dengan pesat dan cukup banyak mendapatkan perhatian. Berdasarkan hal itu, para peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore, kemudian menggunakan data dari penelitian berskala nasional tentang kesehatan dan juga pola makan masyarakat Amerika, untuk mengukur tingginya kadar kreatinin dalam darah? pada orang-orang yang memiliki tekanan darah berbeda-beda. Kadar kreatinin dalam darah merupakan penanda adanya penyakit ginjal.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa sebanyak 3% orang dewasa, di luar rumah sakit dan panti jompo, mengalami peningkatan kadar kreatinin dalam darahnya. Sekitar 70% dari mereka menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Kadar kreatinin yang tinggi, yaitu delapan kali lebih tinggi dibandingkan dengan normal, umumnya ditemukan pada para pengidap hipertensi dibandingkan individu lain yang tekanan darahnya normal. Meskipun sepertiga penduduk Amerika yang mengidap tekanan darah tinggi sudah diobati, namun hanya 36% yang kadar darahnya di bawah 140/90 mm Hg yang menjadi target pengobatan. Selain itu, hanya 11% penderita hipertensi dan gagal ginjal yang tekanan darahnya berada dibawah angka yang direkomendasikan bagi pasien gagal ginjal.

Meskipun penelitian itu tidak dirancang untuk membuktikan bahwa hipertensi bisa menyebabkan penyakit ginjal, namun hasilnya sesuai dengan teori yang menyebutkan bahwa hipertensi yang ditangani dengan buruk akan berpengaruh terhadap munculnya penyakit ginjal kronis.
Comments
0 Comments

No comments

Post a Comment

Recent Posts